Friday 30 September 2016

Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT

Otomatis share postingan blog ke Facebook digunakan untuk tantangan. Caranya sangat sederhana, yaitu untuk memberitahu Facebook bahwa anda memiliki blog yang ingin diposting di dinding anda, dan media sosial akan melakukan seperti yang anda perintahkan. Pelakasaannya lebih rumit dari itu.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #1

Bahkan dengan fitur Facebook post-by-email, hanya nama blog dan judul yang akan muncul di dinding, yang meninggalkan konten atau link. Ada plugin lain yang tersedia, tetapi mereka tidak bekerja sesederhana yang seharusnya. Selalu ada sesuatu yang dihilangkan atau memang hilang.


Cara Share postingan blog secara otomatis ke Facebook menggunakan IFTTT

Berikut adalah utility IFTTT secara online (If This Then That), yang mampu bergerak antara blog dan akun social, akun social dan akun social, dsb. Pengaturannya cukup mudah, dan sangat mudah digunakan. Jadi, mari kita lihat bagaimana Cara Share Postingan Blog ke Facebook  secara automatis menggunakan IFTTT.

Anda dapat menonton video tutorials dibawah ini, dan anda juga bisa melanjutkan membaca tutorials secara tertulis dibawahnya lagi.


Cara Share postingan blog secara otomatis ke Facebook menggunakan IFTTT


Langkah 1. Daftar Akun IFTTT Gratis

Kunjungi IFTTT.com dan Buat akun dengan hanya memasukkan username/email dan password.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #2
Daftar Akun IFTTT

Setelah menekan tombol "Create Account", IFTTT akan menunjukan cara kerjanya melalui mini-tutorial, klik pada kata 'This', 'That' dan Tombol 'Continue' beberapa kali. Akhirnya, pilih 3 atau lebih saluran yang anda minati dan klik 'Continue' untuk menyelesaikan pendaftaran.

Langkah 2. Buat Recipes baru

Setelah terdaftar, kita hanya perlu 'Buat Recipes'. Recipes dasarnya adalah proses menggabungkan dua platform bersama-sama. Dalam Kasus ini, kita akan menggabungkan Blogger dengan Facebook. Ini tidak mengambil waktu lebih dari lima menit.

Untuk memulai, klik link 'My Recipes' dan kemudian klik tombol 'Create a Recipe', seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #3
Membuat Recipes
Mulai membuat Recipes dengan mengklik kata 'This' warna biru dan pilih "Trigger Channel". Kita akan menggunakan platform Blogger sebagai Trigger Channel, Tuliskan kata blogger di dalam kotak pencarian, Lihat gambar di bawah ini:
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #4
Menambah this trigger channel
Langkah 3. Connect Blog anda dengan IFTTT
Koneksikan akun Blogger anda untuk menghubungkannya dengan akun IFTTT anda. Pop Up 'Permintaan Izin' akan muncul dan kemudian klik tombol 'Izinkan' dan pilih blog dari menu dropdown yang ingin anda gunakan dengan IFTTT, kemudian klik tombol 'Update'.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #5
Connect blog dengan ifttt
Setelah blog Blogger terhubung, 'Pilih Trigger' yang memungkinkan anda untuk menentukan apa jenis tulisan yang akan dipublikasikan ke Facebook. Anda dapat memilih 'Any New Post' atau 'New Post Labeled'.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #6
Pilih Trigger
Akhirnya, Click Tombol 'Create Trigger' warna biru untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #7
Buat Trigger

Langkah 4. Membuat Trigger 'That'

Setelah pendaftaran, Create Recipe yang akan menentukan arah tujuan postingan blogger anda. Karena anda ingin kaitkan Blogger ke Facebook. Jadi Recipe akan terlihat, If Blogger Then Facebook. Apa yang anda lakukan adalah hanya mengganti 'This' untuk Blogger, yang merupakan sumber, dan 'That' untuk Facebook, yang merupakan target tujuan.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #8
Menambah Recipe That
Untuk mengatur 'That', klik pada kata 'That' warna biru. Ini akan memunculkan jendela yang berisi daftar situs media sosial. Cari 'Facebook' di dalam kotak pencarian dan pilih opsi 'Facebook Pages' (pilih opsi 'Facebook', jika anda tidak memiliki page di facebook atau ingin posting ke profil pribadi).
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #9
Tambahkan Recipe that dengan facebook page

Langkah 5. Hubungkan Facebook Page dengan IFTTT

Hubungkan akun Facebook anda. Pastikan anda login ke akun Facebook, sebelum anda menghubungkannya. Menekan tombol 'Connect' dan itu akan membuka jendela pop-up untuk memastikan posting IFTTT pada halaman Facebook anda, lalu pilih Facebook Page anda dan tekan tombol 'Update'.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #9
Hubungkan Facebook page dengan IFTTT
Tekan Tombol 'Done' dan 'Continue to next step' tombol dan kita akan melakukan babak penyelesaian.

Anda akan diminta untuk 'Pilih Action', di mana anda dapat menentukan jika anda hanya ingin 'Buat pesan status' , 'Buat link post', atau 'Perbarui foto dari URL'. Pilih 'Buat link post/Create a link Post' seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #10
Create a link Post

Langkah 6. Menambahkan Ingredients

Setelah anda memilih tindakan, jendela 'Complete Action Fields' akan muncul dengan 'Link URL' dan kotak 'Message'. Untuk menambah ingredients, klik pada kotak 'Message' dan anda akan melihat ikon tabung uji di sisi kanan. Jika anda klik tabung, menu drop-down akan muncul ingredients dan silahkan anda pilih untuk menyertakannya saat auto posting ke facebook - pilih 'Post Title' dan klik 'Add Ingredient' yaitu tombol biru di sisi kanan.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #11
Add Ingredients
Jika anda tidak tahu atau mengerti dari setiap pilihan ingredients, silahkan kunjungi halaman ini.

Untuk Menyelesaikan pembuatan Recipes anda, tekan tombol 'Create Recipe'.
Auto Share Postingan Blog ke Facebook menggunakan IFTTT #12
Create Recipe
Dan hanya itu saja! Ini adalah tutorial cara membuat Recipes di IFTTT. Lain kali jika anda mempublikasikan posting Blogger, maka akan secara otomatis dibagikan ke Facebook.


Load disqus comments

1 komentar: