Tuesday 4 October 2016

Cara Membuat Homepage Static di Blogger

Ketika masuk ke homepage blogger, sebagian besar situs web dibagi menjadi dua: statis dan non-statis. Seperti namanya, homepage statis itu permanen tidak peduli berapa kali website ini diperbarui, sementara homepage non-statis menampilkan perubahan yang dibuat ke situs tersebut dan menunjukkan pesan-pesan terbaru saat pertama.

Yang terakhir ini sudah sangat terkenal saat ini karena meningkatnya popularitas blog pribadi dan bahkan perusahaan. Namun, masih banyak orang yang lebih memilih homepage statis karena membuat situs Web mereka terlihat lebih terorganisir dan profesional.
Cara Membuat Static Page di blogger #1

Hal ini juga memberi mereka lebih banyak kontrol atas pengalaman para pembaca di situs mereka dan membantu mereka menciptakan lebih kuat brand awareness melalui beragam pesan bahwa homepage mereka menyediakannya.

Beruntungnya, jika anda memiliki situs Blogger dan ingin membuat homepage anda menjadi statis, anda akan dapat membuatnya tidak sesulit seperti yang terlihat. Anda dapat membuat homepage statis di Blogger dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah #1 Buat Page Home Statis

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat halaman baru untuk blog anda. Ini berfungsi sebagai homepage statis, tetapi untuk saat ini, itu akan terlihat dan bertindak seperti page yang lainnya.

Untuk membuat page/ halaman ini, anda harus masuk ke Dashboard Blogger dan klik pada "Laman" lihat pilihannya di menu kiri pada layar. Itu akan membawa Anda ke Jendela menu "Semua Laman".

Di sini, klik pada tombol "New Page/Laman Baru" dan anda akan masuk ke text/html editor yang terlihat mirip dengan editor Blogger Post yang anda gunakan ketika mempublish sebuah posting blog baru.

Di kotak atas, masukkan judul sesuai dengan keinginan anda untuk page ini. Dalam hal ini, sebut saja Halaman "Welcome".

Dalam kotak teks dibawahnya, ketik konten yang ingin anda munculkan di homepage anda; Anda dapat mengetik suatu teks paragraf, atau tentang diri anda bahkan bisnis anda dan tentang situs anda.

Setelah Selesai, klik "Publikasikan". jendela akan kembali ke menu utama "Semua Laman", dan Anda coba lihat laman baru "Welcome" yang telah anda buat. Salin URL dari laman "Welcome" karena anda akan membutuhkannya nanti. Untuk melakukan ini, klik kanan pada link 'Lihat' dan pilih 'Copy Link Address' dari menu.
Cara Membuat Static Page di Blogger #2
Langkah 1

Langkah #2 Redirect homepage default ke homepage statis

Setelah Laman"Welcome" siap digunakan, hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengubah situs default Blogger . Ini melibatkan redirect dari homepage asli situs anda ke homepage statis yang telah anda buat sehingga akan menjadi hal pertama yang pengujung lihat ketika mereka mengunjungi situs anda.

Untuk melakukan ini, Anda akan harus masuk ke menu Dashboard Blogger, klik pada "Setelan" di sisi kiri layar, dan pilih "Preferensi Penelusuran". Di bagiah bawah "Kesalahan dan pengalihan", Anda akan melihat pilihan "Pengalihan Khusus" dengan link "Edit" di sampingnya.

Klik pada link "Edit" untuk membuat pengalihan, di mana anda akan melihat dua kotak bernama "Dari" (dengan URL blog anda di sampingnya) dan "Kepada".

Dalam kotak "Dari", masukkan simbol garis miring saja "/". Dalam kotak "Kepada", paste URL yang anda copy tadi dan tambahkan bagian akhir URL page "Welcome". Misalnya, URL halaman ini dari blog demo kami adalah cara-membuat-homepage-static.blogspot.co.id/p/welcome_4.html, sehingga saya akan menghapus alamat "http://cara-membuat-homepage-static.blogspot.co.id" dan meninggalkan "/p/welcome_4.html" dalam kotak "Kepada". Tanda "/p" menandakan bahwa itu halaman statis.

Selanjutnya, centang kotak kecil di samping "Permanen", klik link teks "Simpan", dan tekan tombol "Simpan perubahan". Ini akan mengarahkan URL utama situs anda ke Laman home statis yang baru. Akses blog anda pada browser yang terpisah untuk melihat apakah ia bekerja.
Cara Membuat Static Page di Blogger #3
Langkah 2

Langkah #3 Membuat tab untuk situs Anda

Jika anda berencana untuk membuat tab tidak terlihat di blog anda. So, anda tidak perlu melanjutkan ke Langkah ini atau Langkah # 3 cukup hentikan sampai Langkah # 2. Tapi, jika Anda ingin situs anda untuk memiliki tab yang menunjukkan Homepage, Halaman DashBoard, atau halaman lainnya yang mungkin Anda miliki (seperti laman Sitemap dan Contact me), anda dapat mengikuti langkah ini sampai selesai.

Mengapa ini penting? Pada dasarnya, ketika tab terlihat atau aktif di situs anda, itu akan menunjukan bahwa situs anda memiliki dua halaman: homepage default dan Laman "Welcome" yang baru anda buat, tetapi itu sudah diarahkan ke halaman statis yang sama. Hal ini dapat membingungkan pembaca anda dan bahkan dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari anda.

Untuk memperbaiki ini, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan tab dengan pergi ke menu "Tata Letak" dan klik pada hyperlink "Tambah Gadget". Anda dapat memilih untuk menambahkannya bawah header blog atau sidebar, itu sesusai keinginan anda. Dalam banyak kasus, disarankan untuk menambahkannya di bawah header blog, karena mereka lebih terlihat dan membuat website anda terlihat ramping, profesional.

Setelah jendela pop-up terbuka, scroll ke bawah dan klik pada link 'Laman', setelah jendela lain bernama "Konfigurasikan Daftar Laman" terbuka. Di sini atau di bawah bagian "Laman yang ditampilkan", Anda akan melihat homepage default dan homepage statis baru dengan kotak kecil di samping mereka. Hapus tanda centang pada kotak di samping home page default untuk menyembunyikannya dari pandangan, memeriksa halaman yang ingin ditampilkan dalam menu dan kemudian klik pada tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Static Page di Blogger #4
Cara menambah widget pages
Pada langkah ini, Tab sudah bekerja, tetapi, jika anda ingin membuat tab khusus yang akan mengarah ke halaman posting blog utama anda. Untuk melakukan hal ini, edit gadget "Pages" yang baru saja anda simpan dan klik "+ Tambahkan tautan eksternal".

Pada jendela baru yang akan terbuka, masukkan judul yang anda inginkan untuk laman ("Blog") bersama dengan alamat web /index.html, lalu tekan "Save Link" dan klik tombol "Simpan" pada Jendela "Konfigurasi Daftar Laman".
 
Cara Membuat Static Page di Blogger #5
Menambah homepage default
Sekarang, lihat situs anda dan anda akan melihat menu halaman yang berisi page "Welcome" dan tab "Blog". Untuk melihat bagaimana ini bekerja, Anda juga dapat mengunjungi blog demo kami.

FootNote

Memiliki halaman rumah statis dapat bermanfaat bagi blog anda. Ikuti langkah-langkah di atas sekarang untuk membuat homepage statis di Blogger!
Load disqus comments

0 komentar