Tuesday 24 January 2017

Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google

Pada suatu keadaan mungkin anda perlu menyembunyikan halaman dari Google untuk melindungi privasi atau untuk mengusir pengguna yang tidak diinginkan.

Nah!.,Pada artikel ini, kami akan membagikan cara menyembunyikan halaman WordPress dari Google tanpa mempengaruhi SEO situs anda secara keseluruhan.

Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google

Menyembunyikan Post atau Page Dari Google


Search engine seperti Google memungkinkan pemilik situs web untuk mengecualikan konten dari hasil pencarian, maksudnya pemilik situs web dapat menyembunyikan konten mereka dari hasil pencarian search engine. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan file robots.txt pada situs anda atau menggunakan HTML meta tag.

Kami akan membagikan cara melakukan hal ini di WordPress menggunakan dua metode. Pilih salah satu cara yang menurut anda itu yang terbaik bagi situs anda.

Kami juga akan membagikan cara untuk melindungi posting dan halaman dengan sandi di WordPress. Jika anda tidak ingin menggunakan dua metode pertama, maka pendekatan ini akan memungkinkan anda untuk mengontrol visibilitas posting anda dan halaman untuk semua pengguna.

Menyembunyikan Halaman WordPress dari Search Engine Menggunakan Yoast SEO


Jika anda seorang pemula?, kami sarankan untuk memilih cara ini, karena cara ini sangat mudah dilakukan.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Selanjutnya, Anda perlu mengedit posting atau halaman yang ingin Anda sembunyikan dari mesin pencari. Gulir ke bawah ke Yoast SEO meta kotak di bawah post editor dan klik pada tombol pengaturan lanjutan.

Baca juga:
Yoast SEO vs All in One SEO Pack - Plugin Mana yang lebih bagus?

Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google #2
Menyembunyikan Halaman WordPress dari Search Engine Menggunakan Yoast SEO
Masuk ke bagian pengaturan untuk menambahkan tag meta robot untuk posting blog atau halaman anda. Menggunakan tag meta robot, anda dapat memberitahu mesin pencari agar tidak mengindeks atau mengikuti halaman.

Pertama anda harus memilih 'noindex' dari menu dropdown di bawah pilihan 'Meta robots index'. Setelah itu, klik 'nofollow' di sebelah 'Meta robot mengikuti' pilihan.

Sekarang, silahkan menyimpan atau mempublikasikan posting atau halaman. Yoast SEO akan menambahkan baris kode seperti dibawah ini untuk posting anda atau halaman:
<meta name="robots" content="noindex,nofollow"/>
Baris ini hanya memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti atau mengindeks halaman ini.

Menyembunyikan Halaman WordPress dari Search Engine menggunakan file robots.txt


Pada metode ini kita harus mengedit file robots.txt. Menambahkan petunjuk yang tidak valid dalam file ini dapat merugikan yang dapat mempengaruhi SEO pada situs anda. Karenanya, metode ini tidak direkomendasikan untuk pengguna pemula.

File robots.txt adalah file konfigurasi yang dapat anda tambahkan ke direktori root situs WordPress anda. Hal ini memungkinkan sebuah situs web untuk memberikan instruksi untuk bot mesin pencari, sebab itu namanya robots.txt.

Anda dapat mengedit file robots.txt dengan menghubungkan ke situs web anda menggunakan klien FTP atau 'File Manager' di cPanel Wordpress Hosting.

Anda akan harus menambahkan baris ini ke file robots.txt anda.
User-agent: *
Disallow: /Halaman-Anda/
Baris user-agent memungkinkan anda untuk menargetkan bot tertentu. Kami menggunakan tanda asterisk untuk memasukkan semua mesin pencari.

Baris berikutnya mendefinisikan bagian dari URL setelah nama domain anda.

Sekarang mari kita asumsikan bahwa anda ingin menyembunyikan posting blog dengan URL seperti ini:
https://duniatutorials.com/2017/01/lorem-ipsum-baru/
Berikut caranya untuk menambahkan URL ini ke file robots.txt anda.
User-agent: *
Disallow: /2017/01/lorem-ipsum-baru/
Jangan lupa menyimpan perubahan dan upload file robots.txt kembali ke server anda.

Kerugian Menggunakan robots.txt untuk Sembunyikan Konten


Pertama, anda harus ingat bahwa file robots.txt dapat diakses secara publik. Siapa pun dapat mengaksesnya secara langsung untuk melihat apakah ada halaman yang anda coba untuk disembunyikan.

Sementara kebanyakan mesin pencari ikuti petunjuk dalam file robots.txt, banyak crawler dan bot lainnya mungkin hanya mengabaikannya. Ini adalah web bot crawler yang menyebarkan malware, situs target, atau informasi panen seperti account email, nomor telepon, dll

Memberi Password pada Post atau Halaman di WordPress


Metode ini menggunakan pendekatan yang berbeda. Alih-alih meminta mesin pencari tidak mengindeks halaman, anda juga dapat melindungi sandi itu, sehingga hanya dapat dilihat oleh pengguna dengan password.

WordPress dilengkapi dengan fitur built-in untuk melindungi posting dan halaman dengan sandi. Cukup mengedit posting atau halaman yang ingin anda lindungi.

Di bawah kotak meta publikasi, klik pada link 'Edit' atau 'Sunting' di sebelah pilihan 'Visibilitas' atas 'Kenampakan' dalam versi Bahasa Indonesia.

Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google #3
kotak meta publikasi
Ini akan menampilkan opsi visibilitas yang tersedia di WordPress. Anda dapat menyimpan secara publik untuk posting/halaman yang dibuat, pribadi, atau melindunginya dengan sandi.

Post pribadi hanya tersedia untuk pengguna yang sudah login yang memiliki setidaknya hak akses sebagai pengguna atau penulis disitus web anda.

Post dengan password protect dapat dilihat oleh setiap pengunjung yang memiliki password. Klik pada pilihan Dilindungi kata sandi atau Password Protected dan kemudian masukkan password yang kuat sesuai keinginan anda.


Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google #4
Post dengan Password Protected

Sekarang anda dapat mempublikasikan atau menyimpan posting/halamannya.

Sekarang pengunjung yang ingin mengakses posting atau halaman disitus Web anda akan diminta untuk memasukkan password untuk melihat konten, ini hanya untuk post atau halaman yang diberi password saja.

Cara Menyembunyikan Halaman WordPress Dari Google #5
Memberi Password pada Post atau Halaman di WordPress

Mungkin hanya itu, kami berharap artikel ini membantu anda belajar bagaimana cara menyembunyikan halaman WordPress dari Google. Semoga bermanfaat 😄😄
Load disqus comments

0 komentar